Laporan Tentang Makeup Routine

  • Nusaresearch
  • 21-09-2020
  • 1144
  • Nilai: 0


 

Metode Riset  : Riset Online

Periode Pengumpulan Data : Agustus 2020

Area Riset : Indonesia

Kriteria :

  • Perempuan berusia 18 tahun ke atas 
  • Menggunakan Makeup

Sample size : 2830 responden

 

Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui informasi tentang kebiasaan perempuan menggunakan makeup dan produk-produk kosmetik. Dari survei ini terlihat dari 2830 responden menggunakan makeup walaupun dalam frekuensi yang berbeda-beda, ada yang bahkan hampir setiap hari menggunakan beberapa produk kosmetik. Kebanyakan dari mereka menggunakan makeup adalah untuk mempercantik diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Kemudian Top 3 produk kosmetik yang paling sering digunakan oleh mareka yaitu pertama lipstick, kedua bedak, dan ketiga foundation.

 

 

Berdasarkan gambar diatas mengenai demografi responden, total sampel sebanyak 2830 responden. Seluruh responden berjenis kelamin perempuan. Jika dilihat berdasarkan usia responden, kebanyakan berada di kelompok usia 18-25 tahun (46.8%), selanjutnya 27.0% responden berada di kelompok usia 25-35 tahun, 18.9% responden berada di kelompok usia diatas 36-45 tahun, dan sisanya 7.3% responden berusia diatas 45 tahun. Selain itu bila dilihat dari pekerjaannya, paling banyak responden seorang Pelajar/ Mahasiswa (29.4%), disusul dengan staf/karyawan (24.7%), 12.2% Ibu rumah tangga, dan sisanya memiliki pekerjaan yang bervariasi seperti Wirausaha, Tidak bekerja/ masih mencari pekerjaa, paruh waktu, professional, PNS, dan lain-lain.

 

 

Dari total 2830 responden yang mengikuti survei ini, 57.3% dari responden menyatakan bahwa menggunakan makeup, dan 42.7% lainnya kadang-kadang menggunakan makeup. Kemudian Ketika ditanya alasan mengapa menggunakan makeup, 75.1% dari responden menyatakan bahwa menggunakan makeup untuk mempercantik diri, selanjutnya 66.7% dari responden juga menyatakan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ada 34.7% dari responden menyatakan bahwa memakai makeup hanya karena terkait dengan pekerjaan, selain itu 22.5% lainnya juga menyatakan bahwa menggunakan makeup karena untuk menutupi kulit yang kurang bagus. Kemudian 22.5% dari responden tidak memiliki alasan khusus mengapa menggunakan makeup.

 

 

Berdasarkan gambar diatas terlihat bahwa terdapat 10 Brand kosmetik yang pernah digunakan responden dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, Peringkat pertama ada Brand lokal Wardah sebanyak 57.3% responden menggunakannya, kemudian diperingkat kedua ternyata Brand yang berasal dari USA yaitu Maybelline sebanyak 41.1%. dan peringkat 3 Brand Lokal lagi yaitu Emina (30.1%) dan Pixy (30.1%). Dilanjutkan brand lainnya seperti Viva (26.4%), Purbasari (23.3%), Loreal Paris (21.0%), Sariayu (18.0%), Make Over (17.3%) dan Oriflame (16.6%).

 

 

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa, 78.0%% responden menggunakan lipstick, kemudian dilanjutkan oleh penggunakaan bedak (76.6%) dan Foundation (40.2%). Kemudian selain itu juga ada beberapa produk kosmetik yang responden gunakan untuk bermakeup, diantaranya Mascara (37.5%), Blush on (36.1%), pensil alis (34.9%), eyeliner (30.7%), conclear (20.2%), dan primer (9.8%). Selain 9 produk diatas, masih banyak lagi produk kosmetik yang biasa digunakan untuk bermakeup seperti highlighter, bronzer, dan lain-lain.

 

 

Jika dilihat dari gambar sebelumnya meskipun lipstik posisinya di peringkat pertama untuk produk yang paling sering digunakan, namun jika dilihat dari frekuensi penggunaannya ternyata Bedak/powder berada di posisi pertama dengan nilai 61.7% yang digunakan setiap hari oleh responden, disusul dengan lipstick (55.3%), pensil alis (28.4%) juga digunakan setiap hari. Kemudian jika dilihat dari produk kosmetik yang tidak responden gunakan dalam memiliki nilai persentase yang paling tinggi, yaitu 37.8% responden tidak menggunakan primer, dan 34.9% responden tidak menggunakan concealer.

 

 

Kebanyakan dari responden membeli produknya secara online dari marketplace ataupun ecommerce dengan nilai 62.9%, hal ini disebabkan karena bulan Agustus masih pandemi jadi kebanyakan orang lebih memilih diam dirumah dan membeli berbagai kebutuhannya secara online. Kemudian 56.1% responden juga ada yang membeli secara offline langsung ke toko kosmetik/kecantikan, kemudian 49.7% membeli dari supermarket, dan sisanya membeli dari shopping mall, mini marker, drugstore dan dari pasar tradisional.

 

"Terlihat cantik dan menarik merupakan impian banyak perempuan. Salah satu penunjang agar perempuan terlihat cantik dan menarik adalah dengan makeup."

"Ber-makeup bukan hanya untuk orang lain saja, tapi sepenuhnya untuk dirinya sendiri."


source : 

https://www.idntimes.com/life/women/putri-rahayu-2/ini-5-alasan-di-balik-cewek-menyukai-makeup-daripada-yang-lainnya-c1c2/5

https://www.popbela.com/beauty/make-up/shella-bahfein/alasan-perempuan-suka-makeup

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita