Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan Kaya Vitamin D

  • Nusaresearch
  • 09-07-2020
  • 311
  • Nilai: 0

REPUBLIKA.CO.ID, Vitamin D memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Vitamin ini berperan dalam pengaturan dan penyerapan kalsium dalam tubuh yang membantu tulang, otot, rambut dan gigi tetap sehat. Juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Medical Daily, sejumlah makanan kata akan vitamin D. Berikut di antaranya:

Produk susu dan alternatif produk nondairy
Produk-produk susu seperti susu, yogurt, buttermilk, dan keju adalah sumber yang bagus untuk vitamin D, jadi jadikan makanan ini bagian yang penting dari menu harian. Khususnya keju, adalah salah satu makanan kaya vitamin D yang menempati urutan teratas.

Dari semua jenis keju, keju Ricotta menyediakan vitamin D dengan jumlah tertinggi. Namun jika seseorang tidak toleran terhadap laktosa, maka disarankan berlatih diet vegan atau mencari alternatif nondairy, maka susu kedelai adalah pilihan yang bagus. Selain mengandung protein dalam jumlah yang sama dengan susu sapi biasa, susu Kedelai juga disebutkan mengandung vitamin D, vitamin C, dan zat besi tingkat tinggi.

Telur
Telur juga dapat memberi vitamin D yang butuhkan setiap hari, terutama ketika dimakan bersama dengan kuningnya, tempat semua vitamin disimpan.

Ikan
Ikan, khususnya ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel, juga merupakan sumber vitamin D yang bagus dan bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, ikan juga menyediakan kalsium, asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya.

Jamur
Selain rendah lemak dan tinggi nutrisi, jamur juga menyediakan vitamin D dalam jumlah yang baik. Sayuran bergizi ini juga serbaguna, karena dapat dimasak dengan pasta, pizza, tumis sayuran, nasi goreng, sandwich, telur dadar dan hidangan lainnya.

Jika ingin meningkatkan kadar vitamin D, sertakan jamur dalam menu empat kali seminggu. Untuk manfaat tambahan, jamur dapat dijemur sebelum dikonsumsi karena jamur secara alami menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar matahari.

Gandum utuh
Ketika dikonsumsi, gandum utuh, barley (Jelai), oats, dan varietas biji-bijian lainnya memberi vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kacang
Kacang seperti kenari dan kacang lainnya juga memberi vitamin D yang butuhkan di luar sinar matahari. Hanya beberapa di antaranya yang cukup untuk membuat seseorang tetap kuat dan sehat setiap hari.

sumber: REPUBLIKA.CO.ID

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita