Jangan Malas Ganti Masker, Waspadai Jamur

  • Nusaresearch
  • 07-07-2020
  • 1067
  • Nilai: 0

Jangan Malas Ganti Masker, Waspadai Jamur
Kombinasi antara udara yang panas, lembab, serta masker yang ketat dan kotor bisa memicu infeksi jamur dan bakteri.

Masker kini sudah menjadi bagian dari perlengkapan wajib saat keluar rumah untuk mencegah penularan Covid-19. Walau begitu, jangan sampai menggunakan masker kain yang sama tanpa mencucinya.

Masker kain saja memang bukan penyebab tunggal infeksi kulit, namun kombinasi antara udara yang panas, lembab, serta masker yang ketat dan kotor bisa memicu infeksi jamur dan bakteri.

Infeksi jamur yang menyebabkan iritasi kulit biasanya disebabkan karena jamur candida. Jamur ini secara alami hidup di kulit kita. “Infeksi jamur bisa muncul jika kondisinya tepat, yaitu lingkungan yang panas dan lembab. Faktor lain adalah diabetes, sistem imun yang rendah, serta kebersihan yang kurang terjaga,” kata dokter dermatologi Susan Massick.

Ia mengatakan, jenis infeksi jamur di wajah yang paling umum adalah dermatitis seboroik, yang ditemukan terutama di bagian kelenjar minyak. “Di wajah, terutama infeksi ini memengaruhi pinggiran hidung, alis, dan di sekitar telinga. Infeksinya akan menyebabkan ruam kemerahan, sedikit kekuningan, dan agak berminyak,” katanya.

Menggunakan masker selama berjam-jam bisa meningkatkan risiko infeksi dan iritasi, yang merupakan lingkungan yang rentan terjadinya infeksi.

Untuk mencegahnya, dokter dermatologi Peterson Pierre mengatakan untuk sekali-kali membuka masker jika memungkinkan.

“Jeda menggunakan masker akan mengurangi panas, keringat, kelembaban, dan meningkatkan aliran udara, sehingga risiko infeksi berkurang,” kata Pierre. Orang yang sudah memiliki gangguan kulit, misalnya eksim, paling rentan mengalami iritasi karena pemakaian masker.

Massick menyarankan untuk membawa beberapa masker jika kita akan beraktivitas di luar rumah seharian. Ganti masker jika sudah terasa lembab. Itu sebabnya masker kain harus rajin dicuci tergantung frekuensi penggunaan lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

sumber: kompas.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita