Laporan Tentang New Normal Life

  • Nusaresearch
  • 26-06-2020
  • 2281
  • Nilai: 0

Metode Riset  : Riset Online

Periode Pengumpulan Data : Juni 2020

Area Riset : Indonesia

Kriteria :

  • Laki – laki dan Perempuan berusia 18 tahun ke atas 

Sample size : 1624 responden

 

Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui informasi tentang tempat dan transportasi apa yang paling banyak digunakan ketika pergi keluar rumah serta protokol apa saja yang sudah dipatuhi di masa New Normal. Dari survei ini terlihat dari 1616 responden yang mengetahui tentang informasi New Normal, 83.2% responden sudah pernah bepergian dimasa new normal. Kebanyakan dari mereka mempersiapkan Masker, Hand sanitizer, Vitamin serta Hand sanitizer untuk menunjang protokol kesehatan di masa New Normal. Selain itu tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Supermarket/Minimarket, Tempat Kerja/Kantor, Restoran, dan tempat lainnya. Dan kebanyakan dari mereka menggunakan kendaraan pribadinya ketika bepergian keluar rumah.

 

 

Berdasarkan gambar diatas mengenai demografi responden, total sampel sebanyak 1624 responden termasuk responden yang tidak mengetahui informasi tentang New Normal dan responden yang tidak keluar rumah pada masa New Normal. Kemudian dilihat dari total responden berdasarkan jenis kelaminnya, 50.6% Pria dan 49.4% Wanita. Selain itu berdasarkan usia responden, kebanyakan berada di kelompok usia 25-35 tahun (42.6%), selanjutnya 34.8% responden berada di kelompok usia 18-25 tahun, 17.9% responden berada di kelompok usia diatas 36-45 tahun, dan sisanya 4.7% responden berusia diatas 45 tahun. Selain itu bila dilihat dari provinsi tempat tinggalnya, paling banyak responden tinggal di pulau Jawa (73.5%), disusul dengan pulau Sumatera (16.3%) dan 9.4% lainnya berasal dari pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

 

 

Dari total 1624 responden yang mengikuti survei ini, 80.2% dari responden menyatakan bahwa di wilayah tempat tinggalnya pernah diberlakukan PSBB, kemudian 19.8% lainnya menyatakan di wilayah tempat tinggalnya tidak pernah diberlakukan PSBB. Berdasarkan gambar diatas juga dapat dilihat, 90.6% responden mengetahui informasi tentang New Normal, ada 8.9% responden yang menyatakan pernah mendengar informasi tentang new normal dan bahkan ada 0.6% dari responden yang tidak mengetahui sama sekali tentang New Normal.

 

 

Berdasarkan gambar diatas, dari 1616 responden yang pernah mendengar dan mengetahui informasi tentang New Normal menyatakan bahwa 98.9% dari responden mempersiapkan masker dan 91.2% responden mempersiapkan hand sanitizer untuk menunjang protokol kesehatan di masa New Normal. Karena bersadarkan protokol New Normal yang telah dirilis oleh Kementerian Kesehatan di antaranya menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga. Protokol kesehatan juga mengatur tata cara berkumpul di luar rumah, makan di restoran hingga beribadah. Jadi memang masker dan hand sanitizer merupakan hal yang wajib dimiliki di masa New Normal ini terutama untuk yang sering melakukan aktivitas diluar rumah. Selain itu 70.5% dari responden juga menyatakan penting mengonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan. Selain itu juga penting untuk memiliki disinfektan, tisu kering/ tisu basah, sarung tangan, peralatan ibadah pribadi, face shield, peralatan makan, helm, kacamata serta topi.

 

 

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa, 83.2% responden sudah bepergian keluar rumah di masa New Normal ini, dan 16.8% lainnya masih tetap dirumah/ belum bepergian keluar rumah. Jika dilihat secara general ada 7 tempat yang paling banyak dikunjungi selama masa New Normal, pertama yaitu Supermarket (60.9%), kedua Kantor/ Tempat Kerja (59.2%), ketiga restoran (35.9%), dilanjut Tempat/ Area Olahraga (30.2%), Shopping Mall (19.8%), Tempat Hiburan (14.2%), bahkan ada 9.6% dari responden yang menyatakan pulang kampung keluar kota di masa New Normal ini.

 

 

Sekarang jika dilihat berdasarkan gender, 3 tempat yang paling banyak di kunjungi pria di masa New Normal ini yaitu yang pertama Kantor/ tempat kerja (66.7%), kedua Supermarket/ Minimarket (56.9%), dan ketiga tempat/ area olahraga (39.5%). Sedangkan 3 tempat yang paling banyak dikunjungi wanita di masa New Normal ini yaitu pertama Supermarket (65.4%), kedua Kantor/ tempat kerja (50.6%) dan ketiga Restoran (36.8%).

 

 

Kebanyakan dari responden menggunakan kendaraan pribadinya dibandingkan transportasi umum ataupun transportasi online. Dapat dilihat dari gambar diatas bahwa 81.3% responden menggunakan motor pribadinya, kemudian 33.6% menggunakan mobil pribadinya. Sedangkan yang menggunakan transportasi umum (seperti kereta, bus, angkutan dalam kota, dll) hanya sedikit yaitu 15.4%. Dan yang menggunakan transportasi online juga dibawah 20%, ojek online (17.2%) dan taxi online (8.6%). Bahkan ada sedikitnya diantara mereka yang memilih menggunakan sepeda ketika bepergian keluar rumah.

 

 

Dari 1344 total responden yang pernah bepergian ke luar rumah di masa New Normal ini, beberapa dari mereka sudah mematuhi protokol kesehatan di masa New Normal. Dapat dilihat dari gambar wordcloud diatas bahwa kata yang paling banyak muncul yaitu Masker, Jaga jarak, Mencuci tangan, menghindari keramaian, dll. Jika dianalisis secara deskriptif, terdapat 93.8% responden mengatakan menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah, kemudian 65.3% responden menjaga jarak minimal 1 meter ketika ditempat umum serta menghindari kerumuman (9.3%), selain itu juga harus menjaga kebersihan tangan, yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun (56.7%) atau hand saniziter (37.4%). Selain itu juga sebagian dari responden mengetahui tentang protokol kesehatan ketika sesampainya dirumah setelah bepergian dari luar, serta harus tetap menjaga kesehatan dengan mengosumsi makanan yang bergizi, vitamin, dan tentunya berolahraga ringan.

 

New Normal life (Kehidupan Normal Baru) adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita