Laporan Tentang Kegiatan Work From Home & Learn From Home

  • Nusaresearch
  • 10-06-2020
  • 1206
  • Nilai: 0

 

Metode Riset  : Riset Online

Periode Pengumpulan Data : April 2020

Area Riset : Indonesia

Kriteria :

  • Laki – laki dan Perempuan berusia 18 tahun ke atas 
  • Sedang bekerja atau belajar dari Rumah

Sample size : 2792 responden

 

Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui informasi Provider internet dan Aplikasi chat/ ConCall apa yang digunakan paling banyak selama bekerja dan belajar dari Rumah. Karena Provider internet merupakan hal yang paling penting digunakan untuk mendukung bekerja dan belajar secara online dari rumah, selain itu Aplikasi chat/ ConCall juga tak kalah pentingnya karena dengan adanya aplikasi/ media tersebut masih bisa berkomunikasi dengan teman/rekan kerja lainnya. Dari laporan ini juga dapat diketahui hampir 80% bekerja dan belajar dari rumah selama masa Pandemi Corona ini.

 

 

Berdasarkan gambar diatas mengenai demografi responden, total sampel sebanyak 2792 responden termasuk responden yang tidak menjalani bekerja atau belajar dari rumah. Kemudian dilihat dari total responden berdasarkan jenis kelaminnya, 50.3% Laki-laki dan 49.7% perempuan. Selain itu berdasarkan usia responden, kebanyakan berada di kelompok usia 18-24 tahun (27.9%), selanjutnya 26.7% responden berada di kelompok usia 25-30 tahun, 29.7% responden berada di kelompok usia diatas 31-40 tahun, dan sisanya 15.7% responden berusia diatas 41 tahun. Selain itu bila dilihat dari pendidikan provinsi tempat tinggalnya, paling banyak responden tinggal di pulau Jawa (75.3%), disusul dengan pulau Sumatera (15.3%) dan 9.4% lainnya berasal dari pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

 

 

Dari total 2792 responden yang mengikuti survei ini, 65.1% dari responden menyatakan sedang menjalani bekerja dari rumah (Work From Home), kemudian 15.3% dari responden menyatakan sedang menjalani belajar dari rumah (Leaning From Home), dan sisanya 19.0% tidak sedang menjalani keduanya. Berdasarkan gambar diatas, yang sedang menjalani bekerja dari rumah adalah kebanyakan responden yang bekerja sebagai pegawai swasta (44.5%). Sedangkan responden yang sedang menjalani belajar dari rumah, kebanyakan responden yang masih pelajar/mahasiswa (97.3%).

 

 

Berdasarkan gambar diatas, dari 2261 total responden yang bekerja dan belajar dari rumah. Secara general 85.4% responden menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mendukung berkomunikasi atau ConCall selama bekerja/ belajar, kemudian di ikuti oleh penggunaan Zoom (35.8%), dan selanjutnya adalah Skype (18.7%). Kemudian dari gambar diatas terlihat perbedaan penggunaan antara yang Bekerja dari rumah dengan yang Belajar dari rumah. Dapat dilihat bahwa Top 3 aplikasi yang digunakan untuk Work From Home yang pertama adalah WhatsApp (86.2%), kedua Zoom (31.0%), dan ketiga adalah Skype (21.3%). Sedangkan Top 3 aplikasi yang digunakan para pelajar/mahasiswa yang belajar dari rumah itu diantaranya: pertama Whatsapp (81.8%), kedua Zoom (55.4%) dan ketiga Line (11.7%). Dari peringkat 3 itu dapat dilihat bahwa pengguna Line kebanyakan anak-anak muda seperti pelajar/Mahasiswa, sedangkan untuk dalam bidang pekerjaan yang sudah profesional menggunakan aplikasi Skype.

 

 

Tentunya jika bekerja dan belajar dari rumah secara online membutuhkan jaringan internet untuk mendukung. Secara general 35.4% responden menggunakan provider internet Telkomsel, diikuti oleh Indosat Ooredo 16.7%, dan 13.6% juga menggunakan provider internet 3. Kemudian jika dibandingkan antara yang bekerja dari rumah dan yang belajar dari rumah, dalam penggunaan provider internet ini ada perbedaan. Untuk yang bekerja dari rumah, TOP 3 Provider internet yang digunakan adalah yang pertama Telkomsel (37.4%), kedua Indosat Ooredoo (16.3%) dna ketiga provider 3 (12.3%). Sedangkan yang belajar dari rumah, TOP 3 Provider internet yang digunakan adalah yang pertama Telkomsel (27.3%), kedua provider 3 (18.7%), dan. ketiga Indosat Ooredoo (18.2%).

 

Yuk tetap produktif bekerja dan belajar dari rumah walaupun ditengah situasi Pandemi Corona ini  :)

 

"Belajar atau bekerja dari rumah bukan alasan untuk bermalas-malasan. Justru dengan cara ini kamu punya lebih banyak waktu untuk mencari ide bisnis baru dan mengembangkan bakatmu" -Anonim-

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Laporan lainnya

Laporan Tentang New Normal Life

Laporan Tentang New Normal Life

Nusaresearch 26-06-2020

Related Report

Permitaaan laporan untuk kita