Ketika Terinfeksi Covid-19 Inilah yang Terjadi pada Tubuh Anda

  • Nusaresearch
  • 15-04-2020
  • 1741
  • Nilai: 0

Jakarta: Covid-19 pertama kali muncu di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Dan sejak itu, covid-19 menyebar ke berbagai negara di dunia. Dan pada 11 Maret 2020 lalu, World Health Organization (WHO) telah menetapkan kasus ini sebagai pandemi.

Berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 ini mulai dari isolasi mandiri sampai social distancing. Dan berikut ini adalah yang terjadi pada tubuh Anda jika terinfeksi covid-19:

1. Ada banyak cara virus korona memasuki tubuh

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada banyak cara covid-19 masuk ke dalam tubuh Anda. Dikutip dari website CDC, covid-19 menyebar melalui droplets pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Droplets yang berukuran kecil tersebut kemudian mendarat di hidung atau mulut orang lain. Atau mendarat di benda yang benda tersebut disentuh dan masuk ke dalam mulut, hidung, atau mata seseorang.Martin S. Hirsch, dokter senior di Layanan Penyakit Menular di Massachusetts General Hospital, menjelaskan bahwa penyakit ini mungkin juga masuk melalui mata karena droplets yang dihasilkan orang terinfeksi tersebut bisa menyebar ke mana saja.

2. Saat memasuki tubuh, virus korona menembus sel-sel sehat
Ketika virus SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan covid-19) memasuki tubuh, seseorang yang terinfeksi mungkin tidak akan langsung mengalami gejala sampai dua minggu kemudian. Hirsch juga mengatakan bahwa rata-rata waktu sebelum seseorang mulai mengembangkan gejala dari covid-19 adalah sekitar lima hari.

Menurut William Schaffner, seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center material yang masuk ke dalam sel-sel sehat itu akan membajak metabolisme sel sehat untuk berhenti memproduksi sel sehat lalu mereplikasi virus korona di dalam tubuh.

3. Anda mulai akan merasa gejala seperti flu
Ketika gejala covid-19 mulai muncul dalam tubuh, biasanya Anda akan merasa seperti sedang mengalami flu. Menurut BBC News, 8 dari 10 orang yang terinfeksi virus hanya akan mengalami kasus covid-19 yang ringan. Namun memang kasus ringan dari covid-19 ini tidak sama dengan flu ringan biasa yang sering Anda alami.

4. Virus korona akan berdampak pada tenggorokan, kemudian bergerak ke seluruh tubuh
Menurut The New York Times, salah satu gejala pertama yang mungkin disadari pasien covid-19 adalah sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk kering. Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak.

“Pada saat ini, virus akan mulai berkembang biak dalam tubuh dan menginfeksi sel sehat. Kemudian virus-virus ini akan menjalar secara progresif ke saluran bronkial,” ujar Schaffner. 

sumber: medcom.id

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita