Meteor Bola Api Terekam Kamera Melintas Langit Malam Meksiko

  • Nusaresearch
  • 25-02-2020
  • 271
  • Nilai: 0

 

Sebuah bola api yang diduga meteor melesat dengan kecepatan tinggi dari atmosfer menuju permukaan Bumi, mengeluarkan cahaya berwarna kuning di tengah langit gelap Meksiko. Meteor itu terekam kamera dan tangkapan videonya diunggah ke media sosial, membuat pemandangan meteor jatuh itu menjadi perbincangan banyak netizen.

Menurut laporan berita media Meksiko bernama Milenio, bola api itu melintas dan terlihat di beberapa daerah negara bagian Amerika Serikat, termasuk di Meksiko, Guanajuato, Jalisco, Queretaro, San Luis Potosi, Puebla, dan ibu kota Mexico City.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Department of Seismology and Volcanism dari Institute of Geological and Atmospheric Research (SIMMSA) Meksiko, meteor mulai memasuki atmosfer Bumi pada Selasa (19/2) pukul 20.18 waktu setempat, dan kemungkinan hancur sebelum menghantam tanah.

SIMMSA lantas mengunggah sebuah rekaman video amatir detik-detik meteor jatuh yang diambil dari CCTV di Torre Latinoamericana atau Menara Amerika Latin di pusat kota Mexico City.

Dalam unggahannya di Twitter, terlihat ada sebuah kilatan cahaya dan ledakan besar akibat gesekan dengan atmosfer Bumi. Hal inilah yang memungkinkan meteor hancur sebelum menyentuh tanah.

Begitupun dengan Badan Perlindungan Sipil Meksiko, mereka meyakini bahwa meteor telah hancur di udara sebelum mendarat di permukaan Bumi.

“Tidak ada dampak yang ditimbulkan dari meteor di wilayah tersebut, dan sejauh ini tidak ada laporan terkait adanya kerusakan akibat atau dampak dari meteor. Meski begitu, kami tetap waspada,” jelas mereka seperti dikutip dari Newsweek.

Beberapa netizen di media sosial mengaku menyaksikan peristiwa yang sama. Banyak dari mereka kemudian memposting gambar dan video dari meteor jatuh.

“Sekitar 20 menit yang lalu saya melihat meteor jatuh, menuju utara. Saya di Naucalpan. Pengalaman yang luar biasa,” tulis salah satu pengguna Twitter.

Fenomena meteor menghantam atmosfer Bumi adalah hal yang lazim terjadi. Meteor umumnya dikenal sebagai “bintang jatuh”. Fenomena ini sering terlihat di langit malam seperti garis-garis cahaya.

Mereka berasal dari puing-puing asteroid atau komet yang masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar pada kecepatan tinggi. Sebelum puing-puing ini masuk ke atmosfer, mereka dikenal sebagai meteoroid.

Sebagian besar meteor atau bola api terbakar sebelum jatuh ke tanah. Namun, jika sebuah meteor berhasil mencapai permukaan tanah, maka benda ini biasanya disebut sebagai meteorit. Ketika bola api meledak, mereka secara teknis disebut sebagai bolides.

Penampakan bola api juga pernah dilaporkan di beberapa negara, seperti Italia, Inggris, kanada, Amerika Serikat, dan Indonesia.


sumber: kumparan.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita