5 Fakta Unik Seblak, Jajanan Pedas yang Sudah Ada Sejak 1940-an

  • Nusaresearch
  • 18-02-2020
  • 360
  • Nilai: 0

 

Sempat trending di Twitter, jajanan seblak terbukti tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Mungkin kamu menjadi salah satu penggemar makanan berbahan dasar kerupuk kenyal ini.

Di balik cita rasanya yang super pedas, ternyata seblak menyimpan beragam fakta unik yang perlu kamu ketahui untuk bisa semakin jatuh cinta dengannya.

Selain memiliki cita rasa pedas yang khas, dan topping yang beraneka ragam, apa saja, sih yang menjadikan jajanan ini berbeda dengan yang lainnya? Yuk, kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

1. Mulai terkenal di tahun 2016

Bersama dengan tahu bulat, seblak mulai banyak diminati masyarakat di awal tahun 2016. Dengan level kepedasan yang berbeda-beda, seblak menjadi jajanan yang sudah banyak diminati sejak 4 tahun silam, lama juga ya?

 

2. Berasal dari Kota Kembang

Yap, Bandung menjadi tempat kelahiran kuliner seblak, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh Indonesia. Hingga saat ini, seblak menjadi kegemaran banyak orang. Hebat!

 

3. Punya arti khusus

Sesuai dengan Bahasa Sunda, seblak diambil dari kata 'nyeblak' yang artinya mengagetkan, atau perasaan kaget akibat rasanya yang super pedas. Enggak heran, kalau zaman sekarang seblak hadir dengan berbagai level. Kamu berani coba level berapa?

 

4. Kencur jadi kunci cita rasa khas seblak

Aroma kencur yang khas jadi kunci utama cita rasa khas seblak; dipadukan dengan bawang, telur, cabai rawit, dan tentunya kerupuk aci, seblak menjadi semakin harum serta nikmat di lidah.

Bukan cuma menambah selera, kencur juga bermanfaat untuk meredakan batuk, mengobati diare, hingga mencegah kanker lambung.

 

5. Mirip jajanan jadul kerupuk godog

Kerupuk Godog merupakan makanan dari Sumpiuh, Jawa Tengah. Sejak tahun 1940-an, kerupuk godog yang juga memiliki bahan dasar kerupuk ini sudah lebih dahulu dikenal. Hanya saja yang membedakannya saat ini seblak diberi tambahan topping; seperti telur, sosis, sampai ceker. Sedap betul!

Jadi, setelah mengetahui fakta unik tadi, kamu semakin berminat untuk jajan seblak?

 

sumber: kumparan.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita