Adakah Manfaat dari Kafein dalam Kopi atau Teh Favoritmu?

  • Nusaresearch
  • 07-02-2020
  • 236
  • Nilai: 0

 

Kafein adalah senyawa yang memiliki efek merangsang sistem saraf pusat tubuh, dengan meningkatkan aktivitas otak sehingga kita tetap on. Enggak heran, kalau seusai minum kopi atau teh badan akan terasa segar kembali. Bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Mengutip penelitian dalam jurnal Nutrients, secara alami kafein juga dapat ditemukan dalam biji kakao, kacang kola, daun yerba mate, hingga buah beri guarana asal Brazil.

 

Sayangnya kehadiran senyawa ini masih menimbulkan kontroversi; ada yang menganggapnya baik untuk kesehatan, tapi ada juga yang menghindarinya karena dipercaya memiliki efek buruk untuk tubuh.

 

Bahkan dalam beberapa penelitian yang diterbitkan PubMed, kafein memiliki efek menstimulasi peningkatan tekanan darah, menyebabkan dehidrasi, gelisah, gugup, hingga emosian.

 

 

Namun, dalam penelitian lebih lanjut, efek ini hanya akan terjadi pada mereka yang mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi. Studi dalam jurnal Frontiers in psychiatry mengungkapkan, orang dewasa sewajarnya mengonsumsi kafein dengan dosis 400 miligram per hari. Dosis tersebut dinyatakan aman.
 
Sementara, untuk perempuan yang sedang mengandung tidak boleh lebih dari 200 miligram kafein per hari. Namun beberapa penelitian lain membolehkan hingga batas aman maksimal 300 miligram.
 
Mereka yang kerap mengalami kecemasan parah, menderita penyakit GERD, hati, atau ginjal juga disarankan untuk membatasi asupan kafeinnya.
 
Lain hal kalau kamu mengonsumsinya dengan batas aman. Menurut beberapa penelitian dalam PubMed, kafein dapat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi mental, menjadi minuman berenergi untuk mereka yang akan berolahraga, hingga sebagai penghilang rasa sakit.
 
Apalagi, banyak juga penelitian lain yang mengaitkan manfaat kopi dengan pengurangan risiko penyakit jantung, diabetes, sampai kanker. Ini juga karena kopi didukung antioksidan yang tinggi; yang lebih berperan dalam membantu memerangi risiko berbagai penyakit tersebut.
 
Untuk itu, kamu penggemar kopi, teh, atau cokelat ada baiknya menikmati makanan dan minuman dengan kandungan kafein tersebut sesuai batas wajar. Biar manfaatnya lebih bisa kamu rasakan, dan enggak malah jadi penyakit.

 

 

sumber: kumparan.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita