Laporan Riset Grup K-Pop Tahun 2018

  • Nusaresearch
  • 28-12-2018
  • 3864
  • Nilai: 0

Metode Riset                                    : Riset Online

Periode Pengumpulan Data           : Oktober 2018

Area Riset                                          : Indonesia

Kriteria                                               : Laki – laki dan Perempuan berusia 17 tahun ke atas

                                                              Pernah mendengarkan serta menyukai musik K-Pop

Sample size                                       : 2130 responden

 

Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengetahui kesukaan masyarakat Indonesia terhadap grup musik K-Pop. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang dilanda demam K-Pop dan menimbulkan banyak penggemar K-Pop di berbagai kalangan di Indonesia dengan grup – grup yang semakin banyak. Berikut adalah laporan sederhana kesukaan masyarakat Indonesia terhadap grup music K-Pop.

Berdasarkan gambar di atas, dari 2130 responden, 55% perempuan (1162 responden) mengaku mendengarkan dan menikmati musik K-Pop. Dibandingkan dengan laki - laki yang berjumlah 45% (968 responden), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas dari penggemar music K-Pop adalah perempuan. Secara umumnya, ketika ditanya mengenai grup K-Pop yang pernah didengar, Super Junior (89%) merupakan grup K-Pop pria yang paling pernah didengar masyarakat Indonesia, diikuti oleh Big Bang (65%) dan EXO (58%).

Untuk grup K-Pop perempuan sendiri, Girls’ Generation (SNSD) merupakan grup K-Pop perempuan yang paling banyak didengar masyarakat Indonesia (79%) yang kemudian diikuti oleh Blackpink (72%) dan 2NE1 (51%). Ketika kita menanyakan grup K-Pop pria favorit pada umumnya, Super Junior adalah pilihan pertama (49%) untuk kalangan laki - laki maupun perempuan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Super Junior banyak disukai oleh masyarakat.

Jika kita melihat lebih dalam lagi berdasarkan jenis kelamin, pilihan kesukaan grup musik K-Pop pria antara laki – laki dan wanita tidak jauh berbeda. Pilihan grup K-Pop pria kedua dan ketiga untuk laki – laki dan wanita adalah Big Bang dan BTS, dimana para laki – laki lebih menyukai Big Bang sedangkan para perempuan lebih menyukai BTS.

Secara umumnya, Girls’ Generation (SNSD) merupakan grup K-Pop perempuan favorit masyarakat Indonesia dengan nilai 36%, diikuti oleh Blackpink (34%) dan 2NE1 (9%). Namun jika kita melihat berdasarkan jenis kelamin, maka terdapat sedikit perbedaan. Girls’ Generation adalah grup K-Pop wanita favorit untuk laki – laki (39%). Sedangkan Blackpink adalah grup K-Pop wanita favorit untuk perempuan (36%).

Mayoritas responden mendengar K-Pop dari internet (36%), dan diikuti oleh televisi (34%), dan media sosial (10%).  Hal ini disebabkan karena melalui internet, masyarakat Indonesia dapat mengakses semua informasi yang ada termasuk kultur asing (seperti K-Pop) sehingga penyebaran K-Pop di Indonesia dapat meningkat dengan pesat.

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita