Aktivitas Yang Bisa Mempertajam Daya Ingat

  • Nusaresearch
  • 15-02-2013
  • 2380
  • Nilai: 0
Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak juga ikut menurun. Hal inilah yang menyebabkan banyak orangtua kerap mengalami penurunan daya ingat. Bahkan belakangan, lupa atau pikun juga sering dialami para remaja.

Faktanya, dengan tidak mudah lupa, tentunya akan membuat setiap urusan menjadi lebih mudah, bukan? Begitu pun sebaliknya. Selain makanan, melatih ketajaman daya ingat juga bisa dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan atau aktivitas sederhana sehari-hari.

Aktivitas sederhana apa saja yang bisa membantu Anda dalam mempertajam daya ingat, meski usia sudah tak lagi muda? Simak ulasannya berikut ini, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Mengunyah permen karet
Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang, dan jangka pendek, dibandingkan mereka yang tidak mengunyah apa-apa. Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang meningkatkan denyut jantung, sehingga memengaruhi fungsi daerah otak yang diberi nama hippocampus, yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagai persiapan untuk metabolisme makanan.

Memainkan ‘permainan otak’
Sebuah program yang disebut dengan Lumosity, dikembangkan dengan bantuan ilmuwan saraf dan psikolog kognisi dari Standford University dan University of California, di San Francisco. Secara khusus, program ini dirancang untuk para orangtua yang ingin memperbaiki ingatan, konsentrasi, keterjagaan, bahkanmoodmereka.

Tentu saja, selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti Sudoku dan Teka-Teki Silang yang bisa Anda temukan di mana saja. Permainan itu akan menggugah pengetahuan, dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan.

Sering membaca novel
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir,namun dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.


Memperbaiki kualitas tidur
Saat Anda tidur, otak memutar ulang ingatan sepanjang hari itu, dan mengkonsolidasikan semua itu untuk penyimpanan jangka panjang. Dalam skala penelitian di lab menggunakan tikus, saat tikus tidur, dua area di otak – hippocampus danmedial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) – berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan baru yang terbentuk.

Rajin mengonsumsi ikan
Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

Rutin berjalan kaki
Penelitian menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus, orang dewasa yang beranjak tua jika rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus.

Penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55-80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit. Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak, atau karena aliran darah yang lebih besar ke otak sehingga semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dihantarkannya.

Semoga bermanfaat!

Sumber: oktomagazine.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Laporan lainnya

Tag

Related Report

Permitaaan laporan untuk kita