4 Cara Ampuh Bebas dari Mata Lelah Saat Menonton TV

  • Nusaresearch
  • 02-02-2016
  • 1120
  • Nilai: 0

Menonton televisi memang sudah jadi hobi kebanyakan orang yang menyenangkan dan bisa menghibur dari rasa penat. Biasanya saat libur atau sedang banyak waktu luang, sering kita memilih untuk berjam-jam hanya untuk menonton televisi.

Salah satu faktor yang sering mengakibatkan mata lelah ialah menonton televisi, karena tingkat kefokusan mata yang tinggi dalam waktu lama bisa membuat mata berair atau pedih.

Kelelahan pada mata ketika menonton televisi sering terjadi dan tidak membutuhkan penanganan yang serius. Namun, tidak juga bisa dianggap sepele. Nah, bagi Anda yang gemar menonton televisi dan tak ingin mata Anda cepat lelah, coba lakukan hal-hal di bawah ini:

1. Atur Jarak Pandang
Menurut Asosiasi dokter mata kanada CAO (Canadian Association of Optometrists), duduk terlalu dekat ke TV tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda. Sebaliknya, hal itu menyebabkan ketegangan mata dan kelelahan.

The CAO (Canadian Association of Optometrists) merekomendasikan bahwa seseorang menonton TV dari jarak lima kali lebar layar TV. Jadi mulailah atur jarak menonton televisi yang ideal yakni lima kali diagonal layar televisi. Misalnya, diagonal televisi 21 inci jaraknya 5 x 21 inci yaitu 105 inci atau 25,6 meter.

Jadi, semakin besar ukuran diagonal layar televisi, maka jarak pandang terdekatnya bertambah jauh. Jarak pandang ini membuat mata menjadi relaks, lensa mata tidak perlu bekerja keras menangkap gambar. Bila lensa mata terus menerus bekerja keras, lensa mata menjadi cembung sehingga dikemudian hari butuh kacamata.

2. Posisi Tubuh
Posisi tubuh miring memengaruhi posisi mata yang tidak fokus ke arah televisi, sehingga akan mengalami kerusakan mata pada jangka panjang. Maka usahakan jangan terlalu lama menonton tv sambil tiduran atau posisi tubuh terlalu miring.

3. Seringlah berkedip

Jangan terlalu terpaku pada layar TV Anda, sesekali lakukan berkedip agar menjaga mata tetap bersih dan terlindungi dari kekeringan serta iritasi.

Mata yang terlalu lama tidak berkedip akan membuat kelopak kering dan tidak baik bagi mata itu sendiri. Saat mata mengedip, kelenjar yang ebrada di kelopak mata akan memroduksi air mata yang penting untuk melindungi mata.

4. Atur Pencahayaan

Menyalakan lampu pada ruangan TV Anda supaya pupil mata tidak terlalu keras bekerja, menyalakan lampu ruangan juga bisa jadi sebagai penyeimbang cahaya yang keluar dari TV dan ini sangat disarankan.

Jangan lupa atur pencahayaan pada pengaturan warna layar televisi Anda. Menonton televisi dengan layar dan kualitas warna yang jelas dan baik juga membantu Anda terbebas dari mata lelah saat ingin menonton televisi berjam-jam.

Jika Anda sudah melakukan ke empat hal di atas namun masih terasa lelah sebaiknya Anda perlu mengistirahatkan mata dalam beberapa waktu agar mata lelah Anda lekas pulih hilang dan dapat melanjutkan kembali menonton acara favorit Anda dari layar televisi.

 

Sumber: liputan6.com

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Laporan lainnya

Tag

Related Report

Permitaaan laporan untuk kita