Daftar Kecelakaan Pesawat di Indonesia 10 Tahun Terakhir

  • Nusaresearch
  • 29-12-2014
  • 3332
  • Nilai: 0
 
 
 
 
Pesawat dengan 155 penumpang ini berangkat pukul 05.36 WIB dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara Changi Singapura. Pesawat yang seharusnya tiba pukul 08.30 waktu setempat ini hilang kontak ketika melintas di perairan sekitar Pulau Belitung. Hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 menambah catatan panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Berikut catatan kecelakaan pesawat komersil di dunia penerbangan Indonesia dalam 10 tahun terakhir yang dikutip Dailymail, Senin (29/12/2014).
 
Merpati Nusantara hilang pada Januari 1995
Pesawat tipe de Havilland Twin Otter 300 milik maskapai Merpati Nusantara menghilang di atas perairan terbuka. Pesawat yang mengangkut 14 orang penumpang ini sedang dalam perjalanan antar pulau di Indonesia. Hingga saat ini pesawat berserta 14 penumpang dan awak tidak pernah ditemukan.
 
Kecelakaan pesawat Garuda Indonesia September 1997
Salah satu kecelakaan terburuk dalam dunia penerbangan Indonesia tercatat pada bulan September 1997. Sebuah Airbus A300 miliki Garuda Indonesia jatuh di daerah pegunungan desa Buah Nabar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Jarak pandang pesawat yang hendak mendarat di Bandara Polonia, Medan ini terbatas akibat asap kebal dari kebakaran hutan hingga akhirnya menabrak tebing gunung. Dalam tragedi ini menewaskan 234 orang yang berada di pesawat.
 
Kecelakaan SilkAir pada Desember 1997
104 orang tewas dalam pesawat SilkAir yang jatuh di atas Sungai Musi, Sumatera Selatan. Maskapai yang berbasis di Singapura ini melakukan perjalanan dari Jakarta ke Singapura. Hingga saat ini penyebab jatuhnya pesawat belum pasti, namun tim penyelidik Amerika mengatakan pilot Tsu Way Ming dari Singapura sengaja menjatuhkan pesawat atau bunuh diri.
Namun, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan bila penyebab kecelakaan tidak dapat diketahui atau undetermined.
 
Kecelakaan Mandala Airlines pada September 2005
Pesawat Mandala Airlines rute Medan-Jakarta jatuh di kawasan Padang Bulang, Medan, Sumatera Utara pada Bulan September 2005. Pesawat lepas landas dalam posisi tidak sempurna di Bandara Polonia, akibatnya menabrak tiang listrik hingga terjatuh di pemukiman penduduk yang hanya berjarak 100 meter dari bandara. Dalam kecelakaan ini menewaskan 100 orang di dalam Pesawat dan 49 orang penduduk setempat.
 
Kecelakaan Adam Air pada Januari 2007
Kecelakaan pesawat Adam Air pada 1 Januari 2007 menjadi catatan buruk penerbangan Indonesia di awal tahun kala itu. Pesawat yang lepas landas pukul 12.55 WIB dari Bandara Juanda, Surabaya seharusnya tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado pukul 16.14 WITA. Namun, pesawat hilang kontak pada 14.53 WITA dan diperkirakan terjatuh di atas perairan Selat Makassar. 102 orang di dalam pesawat diperkirakan tewas dalam kecelakaan tragis ini.
 
Kecelakaan Sukhoi Superjet-100 pada Mei 2012
Pesawat Sukhoi Superjet-100 yang lepas landas dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 9 Mei 2012 menabrak tebing Gunung Salak, Jawa Barat. Puing-puing pesawat buatan Rusia ini baru ditemukan besok harinya di tebing Gunung Salak. Dalam kecelakaan ini semua orang di dalam pesawat yang berjumlah 45 orang dinyatakan tewas. 
 
Kecelakaan Lion Air pada April 2013
Boeing 737-800 yang dioperasikan maskapai Lion Air Indonesia jatuh di lepas pantai Bali pada tanggal 13 April 2013. Kecelakaan pesawat yang lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara Bandung menuju Bandara Ngurah Rai Bali ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, 45 orang penumpang mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit setempat.
 
 
Sumber: lifestyle.okezone.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita