Wifi Gratis Ternyata Bahaya, Ini 5 Cara Mengamankannya!

  • Nusaresearch
  • 11-08-2014
  • 2304
  • Nilai: 0
 
Saat traveling ke luar negeri, menemukan wifi gratis jadi surga tersendiri. Tapi ternyata, wifi gratis ini bisa berbahaya juga. Wah seperti apa?

Karena gratis, layanan internet ini bisa lebih berbahaya dibanding yang ada di kantor atau rumah. Namun, rasanya terlalu sayang melewatkan wifi gratis saat traveling. Ditengok dari situs Private Wifi, Senin (11/8/2014), ada 5 cara untuk membuat koneksi ini lebih aman:

1. Pastikan gadget terlindungi dengan baik

Saat menghubungkan gadget ke internet dengan koneksi wifi gratis, kemungkinan mendapat virus lebih besar. Karena, di sambungan ini apa saja bisa masuk ke dalam gadget. Maka hati-hatilah jika tidak terlindungi, gadget Anda bisa terkena virus.

Sebelum traveling, pastikan Anda telah mengupdate semua antivirus dan perlindungan yang bisa dipasang di gadget. Jangan asal masuk ke situs yang tidak dikenal karena bisa saja itu virus.

2. Pikir kembali saat ingin menggunakan wifi gratis

Jangan langsung buta mata dan kalap saat melihat wifi gratis. Memang, menemukan layanan internet yang tak perlu bayar sungguh impuan banyak traveler saat traveling ke luar negeri. Namun pikir dua kali jika ingin menyambung ke internet dengan layanan tersebut.

Terlebih jika Anda ingin mengakses data pribadi seperti akun bank atau sejenisnya. Karena salah-salah bisa jadi data Anda diambil oleh para hacker dan disalahgunakan tanpa Anda sadari.

3. Wifi berbayar belum tentu aman

Bukan berarti wifi yang berbayar bisa membuat Anda merasa lebih aman dalam mengarungi dunia maya. Karena wifi ini tetap saja berpotensi dihack dan sejenisnya. Terlebih apalagi jika para hacker ini memiliki langkah yang lebih maju dari yang Anda ketahui.

4. Hati-hati Wifi palsu

Banyak wifi gratis yang tersedia, sehingga Andapun tidak memerdulikan mana yang aman mana yang tidak. Karena ada juga wifi palsu yang memberikan layanan internet, tapi mengambil semua data Anda.

Jadi jika ingin menggunakan wifi gratis, minimalisir mengakses akun pribadi seperti email, atau akun bank dari internet. Jangan lupa menanyakan nama asli wifi kepada penyedia agar terhindar dari wifi palsu.

5. Gunakan VPN di semua gadget

Virtual Private Network (VPN) jadi satu-satunya garansi teraman untuk internetan dengan wifi gratis maupun berbayar. Karena, sinyal wifi hanyalah gelombang radio dan setiap orang bisa "mencuri dengar" dengan segala kegiatan yang Anda lakukan.

Sumber: detik.com

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita