Ramadhan Bulan Berkah bagi Penjual Bedug

  • Nusaresearch
  • 07-08-2013
  • 2204
  • Nilai: 0

 

Menyambut hari kemenangan setelah 30 hari berpuasa dirayakan dengan banyak cara, salah satunya dengan menggemakan lantunan Takbir yang diiringi bedug. 

Jelang Idul fitri, bedug banyak dijual di berbagai tempat. Dengan bermodalkan tong bekas dan kulit kambing atau sapi, Reza Perdana (38) mencoba peruntungan sebagai penjual bedug. Profesi itu dia lakoni sejak 8 tahun lalu. Ia membeli tong bekas di kawasan Jembatan Lima, Jakarta Barat seharga Rp 150.000 yang berukuran besar dan Rp 100.000 untuk ukuran kecil. "Kalau yang besar bekas tong oli, yang kecil bekas tong minyak wangi," ujarnya di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Selasa (6/8/2013). Untuk kulit kambing atau sapi yang nantinya dikaitkan diatas tong tersebut, Reza membelinya dari tempat pemotongan hewan yang berada di gang Sabeni, Tanah Abang. Untuk satuannya, kulit hewan tersebut dihargai Rp 25.000. Reza sudah menggelar dagangannya sejak awal bulan puasa. Untuk bedug ukuran besar dijualnya seharga Rp Rp 500.000 sampai Rp 700.000 dan untuk ukuran kecil, bedug dibandrol seharga Rp 200.000 sampai Rp 300.000. "Tergantung kulitnya, kalau kulit sapi lebih mahal, soalnya dia bisa tahan sampai tiga tahun, kalau kambing paling lama tahan setahun," ujarnya. 

Selama ia membuka dagangannya sejak awal puasa, Reza sudah menjual sekitar 100 bedug. Untuk sehari, Reza dapat menjual sekitar 10 buah bedug. Empat yang berukuran besar dan enam untuk ukuran kecil. Selain menjajakan di pinggir jalan, Reza mengaku kerap menerima pesanan bedug dari beberapa Masjid sekitar. Untuk pemesanan, bedug akan diantarkan dengan ojek ataupun bajaj. Reza mengatakan, untuk tahun ini jumlah penjualannya sedikit mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan makin banyaknya pedagang yang menjajakan dagangan serupa. Selain bedug, Reza juga menjual stik untuk memukul bedug seharga Rp 20.000 dan juga tempat penyangga bedug yang terbuat dari kayu yang dibandrol seharga Rp 150.000.

"Dagangan saya sudah habis dari H-7 kemarin. Saya menambah barang100 buah. Sekarang tinggal jual titipan orang nih 25 buah bedug. Tinggal sisa delapan," tutupnya.

 

Sumber : KOMPAS.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita