Kiat Wisata Hemat ke Brasil

  • Nusaresearch
  • 17-06-2013
  • 4024
  • Nilai: 0

Brasil adalah salah satu negara berbiaya hidup paling tinggi di dunia untuk berwisata. Di antara negara-negara Amerika Selatan (yang terkenal sebagai tujuan wisata murah), Brasil adalah yang termahal.

Tetapi fakta itu jangan sampai menghalangi niat Anda berwisata ke Brasil. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat anggaran:

Hindari musim karnaval

Karnaval tahunan Brasil merupakan ajang pesta terbuka selama satu pekan di bulan Februari. Berbagai kota menggelar musik, tari, pesta kostum, dan semua orang dapat ikut serta. Periode ini adalah musim puncak (peak season) bagi sektor wisata Brasil — yang didatangi jutaan wisatawan dari seluruh dunia. Akibatnya, segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata pun harganya melonjak tinggi. Sejak pekan kedua Desember, harga penginapan mulai merambat naik. Pada periode karnaval, harga penginapan bisa mencapai empat kali harga normal — tapi itu pun Anda harus pesan minimal dua bulan sebelumnya.

 Lokasi penginapan

Jenis dan lokasi penginapan sangat berpengaruh pada harga. Pilihlah penginapan jenis hostel karena selain mempunyai berbagai jenis kamar dengan beberapa variasi harga. Banyak hostel menyediakan dapur untuk dipakai tamu sehingga Anda bisa memasak sendiri demi penghematan. Kamar paling murah adalah jenis dorm, yang berisi banyak tempat tidur. Kamar mandi terpisah di luar, untuk digunakan bersama-sama penghuni lain. Tidak perlu memilih penginapan yang persis berada di pusat wisata. Yang penting, aksesnya cukup mudah. Contohnya di Rio de Janeiro, tidak perlu memilih penginapan di daerah Copacabana atau Ipanema, tapi pilihlah hostel di daerah Laranjeiras yang berjarak 30 menit dengan bus. Daerah ini dilalui banyak jalur bus, bahkan dekat stasiun metro dan rumah makan murah.

Makanan per kilo

Harga makanan di Brasil termasuk yang paling mahal di Amerika Selatan. Untungnya, Brazil memiliki sistem penjualan makanan secara prasmanan “per kilo” di banyak restoran, termasuk di mal. Jadi makanan yang Anda ambil akan ditimbang, dan Anda harus membayar sesuai beratnya. Kalau Anda termasuk yang suka makan banyak seperti saya, sebaiknya perbanyak jumlah sayur karena lebih ringan. Cara berhemat lainnya adalah dengan memasak sendiri, itulah sebabnya pastikan hostel Anda memiliki dapur bagi penghuni.

Tempat wisata

Rio de Janeiro, sebagai kota wisata paling populer di Brasil, memiliki tempat-tempat wisata dengan tiket masuk cukup mahal. Misalnya untuk ke patung Christ the Redeemer, biayanya sekitar Rp200 ribu. Maka untuk menekan anggaran, pilihlah daerah dengan tempat wisata dengan harga murah atau bahkan gratis. Contohnya daerah Florianopolis tempat berbagai pantai gratis yang indah. Anda juga bisa mengunjungi benteng dengan tiket masuk tidak terlalu mahal.

Transportasi umum

Untuk menghemat, semaksimal mungkin gunakan transportasi umum, seperti bus atau metro sebagai moda transportasi, baik di dalam maupun antarkota. Memang memakan waktu lebih lama dibandingkan taksi, tetapi ongkos yang dihemat juga jauh lebih banyak. Penerbangan antarkota di Brasil sangatlah mahal, jadi gunakanlah bus yang tersedia dengan berbagai macam tingkatan harga tergantung dengan tingkat kenyamanan.

 Pertunjukan samba

Wisata ke Brasil wajib menonton samba. Sayangnya, samba paling banyak dapat ditonton saat musim karnaval yang harus dihindari wisatawan hemat. Sebagai gantinya, Anda bisa menonton latihan sekolah samba yang biasa diselenggarakan di area publik seperti alun-alun. Gratis.  Tanyalah kepada orang lokal mengenai jadwalnya.


Sumber : Yahoo.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita