Informasi Penting Keselamatan Pesawat yang Harus Anda tahu

  • Nusaresearch
  • 15-04-2013
  • 1458
  • Nilai: 0
 
Jakarta - Kecelakaan Lion Air di Bandara Ngurah Rai Bali mengingatkan kita akan pentingnya mengetahui informasi keselamatan penerbangan. Agar selalu waspada, ada baiknya Anda memperhatikan informasi keselamatan berikut.

Tak hanya di darat, kecelakaan juga bisa menimpa siapa saja di mana saja, termasuk ketika melakukan perjalanan dengan pesawat. Sayangnya, kebanyakan dari traveler sering mengabaikan beberapa hal penting yang harus diketahui.

Diintip dari Aviation Safety Network, Senin (15/4/2013), inilah informasi keselamatan yang penting Anda ketahui pada penerbangan:

1. Sebelum terbang

Dalam memilih pesawat, biasanya traveler sering mengabaikan catatan kecelakaan sebuah maskapai. Biaya murah sering jadi alasan utama untuk memilih.

Memang sulit menentukan sebuah maskapai aman atau tidak hanya mengandalkan data kecelakaan pesawat. Faktor keselamatan tidak hanya ditentukan oleh pesawatnya, tapi juga faktor alam dan medan yang ditempuh pesawat, serta tingkat keamanan bandara.

Untuk informasi semacam ini, sudah banyak tersedia di internet. Salah satunya adalah daftar yang ada di aviation-safety.net. Di dalam database tersebut, tersedia nama-nama negara di dunia. Anda tinggal mengklik nama negara, kemudian muncul nama maskapai yang beroperasi di sana, lengkap dengan segala data yang dibutuhkan, seperti larangan terbang ke daerah tertentu.

Selanjutnya, khusus Anda yang ingin terbang ke kawasan Uni Eropa, silakan cek nama maskapai yang dipilih. Ini karena tidak semua maskapai dipersilakan untuk terbang ke Uni Eropa. Keamanan tentu jadi faktor utama.

2. Selama penerbangan

Ketika sudah berada di pesawat, bukan berarti Anda berhenti untuk bertindak waspasa. Masih ada hal lain yang harus diperhatikan demi keamanan.

Yang pertama adalah memperhatikan demo keselamatan yang diperagakan awal kabin, atau yang ditampilkan dalam layar video. Ini sangat penting untuk dipahami penumpang agar Anda siap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangnya, demo dari awak kabin ini malah sering diabaikan penumpang.

Setelah memperhatikan demo keselamatan yang dilakukan awak kabin, bacalah buku petunjuk keselamatan dengan seksama. Ini membantu Anda untuk lebih memahami cara menyelamatkan diri.

Selanjutnya adalah mengetahui posisi pintu darurat di pesawat dan cara membukanya. Ketika panik, orang yang berada di dekat pintu darurat bisa saja tidak tahu apa yang harus dilakukan, dan tiba-tiba lupa bagaimana caranya membuka pintu darurat.

Dengan mengetahui posisi pintu darurat dan cara membuka, Anda bisa membantu membuka pintu darurat. Ini sangat penting dalam proses penyelamatan.

Terakhir, selalu gunakan sabuk pengaman ketika berada di tempat duduk. Ini membantu terutama jika turbulensi terjadi.

SUMBER: travel.detik.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Laporan lainnya

Tag

Related Report

Permitaaan laporan untuk kita