4 Cara Baru Berakhir Pekan di Jakarta

  • Nusaresearch
  • 12-04-2013
  • 1241
  • Nilai: 0
 
Jakarta - Akhir pekan di taman hiburan di Jakarta mungkin sudah biasa. Kini saatnya Anda mencoba 4 cara baru menghabiskan libur akhir pekan di Kota Metropolitan. Dijamin, liburan akan lebih berkesan.

Dikumpulkan detikTravel, Jumat (12/4/2013) inilah 4 cara asyik menghabiskan akhir pekan di Jakarta, yang patut Anda coba:

1. Ikut Night at The Museum

Datang ke museum pada siang hari sudah biasa, lalu bagaimana kalau malam hari? Sebuah acara berjudul 'Night at the Museum' digelar oleh Komunitas Historia Jakarta. Tak hanya anggota komunitas, kegiatan ini juga bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan berbeda.

Jangan terburu takut. Ini bukanlah acara seram, melainkan sebuah kegiatan yang sengaja dibuat untuk mendekatkan banyak orang dengan museum. Di sini, Anda akan diajak melakukan tur atau jelajah malam di Museum Bank Indonesia.

Bayangkan, betapa seru jelajah museum pada malam hari. Tentu Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya.

Dari pesan singkat yang diterima detikTravel, Night at the Museum bulan ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 April 2013 mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Tak hanya berkeliling Museum BI, Anda juga akan dihibur dengan pertunjukkan band, pemutaran film, games, dan aneka bazar. Tertarik?

2. Melihat budidaya terumbu karang di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu

Kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi libur akhir pekan berbeda adalah dengan datang ke Pulau Panggang di Kepulauan Seribu. Jangan pikirkan Anda akan menghabiskan waktu dengan snorkeling, ini tentu biasa. Di sana, traveler bisa mengisi liburan dengan melihat budidaya terumbu karang.

Ya, Pulau Panggang di Kepulauan Seribu memiliki usaha membudidayakan terumbu karang. Bukan sembarang, budidaya ini dilakukan langsung oleh nelayan setempat. Sampah yang semakin menumpuk dan berdampak pada kematian terumbu karang jadi salah satu alasan mereka melakukan kegiatan budidaya.

Datang ke sana, Anda akan disambut dengan penduduk pulau yang ramah-ramah, dan bisa langsung menuju ke lokasi budidaya yang tak jauh dari dermaga. detikTravel pun pernah datang langsung ke tempat tersebut.

Saat itu, saya disambut oleh salah satu pembudidaya bernama Deni. Dengan sabar, Pak Deni menjelaskan bagaimana cara ia mengembangbiakkan terumbu karang.

Jika dihitung, ada sekitar 24 jenis terumbu yang dibudidayakan. Ada yang soft coral ada pula yang jenis hard coral. Asyiknya lagi, Anda bisa mencoba langsung bagaimana cara membudidaya karang. Liburan pun semakin bermanfaat dengan ikut menyelamatkan alam.

3. Memancing di laut Kepulauan Seribu

Masih di sekitar Kepulauan Seribu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memancing di laut bebas. Seru kan?

Caranya pun mudah, traveler bisa menyewa perahu warga di pulau tempat Anda liburan, seperti Pulau Pari, Pramuka atau Kelapa. Katakan ingin memancing di tengah laut. Biasanya, pengemudi perahu sudah paham dan akan mencarikan lokasi terbaik untuk memancing.

detikTravel pun pernah mencoba kegiatan ini beberapa waktu lalu. Saat itu, saya menginap di Pulau Kelapa. Dengan alasan ingin mencicipi makan siang menggunakan hasil tangkapan sendiri, saya dan teman pun memutuskan untuk memancing.

Beruntung, pengemudi perahu yang kami sewa tahu lokasi memancing yang asyik. Tanpa ragu ia pun langsung memacu perahu menuju tempat memancing yang dianggapnya baik.

Benar saja, meski tak mahir memancing dan dibantu bapak pengemudi perahu, saya dan teman-teman berhasil mendapat tangkapan. Ada ikan bahkan cumi. Senang sekali rasanya. Anda pun bisa mencoba langsung.

4. Datang ke Hutan Muara Angke

Hal terakhir yang akan membuat liburan akhir pekan Anda berbeda adalah dengan menikmati suasana hutan yang masih tersisa di Jakarta. Tempat tersebut adalah Hutan Muara Angke.

Hutan ini berada di dekat pelabuhan dan pasar ikan Muara Angke, Jakarta Utara. Sesuai namanya, Hutan Muara Angke masih ditumbuhi banyak pepohonan hijau dan rindang.

Datang ke sana, Anda bisa menikmati udara segar dari pohon besar yang mungkin jarang ditemui di Jakarta. Jangan lupa pula untuk memijakkan kaki di atas board walk atau jembatan kayu sepanjang 843 meter. Jembatan sengaja dibuat melingkar agar turis bisa menikmati seluruh hutan.

Lebih asyik lagi, traveler yang datang tak hanya bisa menghirup udara segar, tapi juga bird watching. Hutan Muara Angke adalah salah satu habitat banyak burung. Segera keluarkan binokular Anda, dan temukan aneka jenis burung cantik yang menghuni Hutan Muara Angke.

SUMBER: travel.detik.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Laporan lainnya

Tag

Related Report

Permitaaan laporan untuk kita