7 Makanan untuk Kulit Segar dan Awet Muda

  • Nusaresearch
  • 22-10-2021
  • 1598
  • Nilai: 0

cnnindonesia.com - Bicara soal penuaan, orang langsung fokus pada kerutan di area mata, sekitar bibir, atau area kening, kulit kusam, dan terlihat lesu. Perawatan lewat skincare maupun klinik kecantikan memang bisa membantu.

Namun, upaya untuk tetap tampil segar dan awet muda bisa didukung dengan asupan makanan yang tepat.

Makanan terbaik untuk kulit Anda adalah makanan dengan kandungan asam ellagic, biotin, serta vitamin C dan E yang merupakan penguat kolagen alami.

"Makanan yang kaya vitamin C akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit. Ini meningkatkan tekstur kulit, kekencangan, dan dapat membantu mencegah kemunculan garis-garis halus," jelas Debra Jaliman, asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, mengutip dari Prevention.

Jenis makanan apa saja yang bisa mendukung kulit tetap segar dan awet muda?

1. Alpukat
Lemak, khususnya lemak sehat, bisa membantu memberikan nutrisi dan mencegah kekeringan kulit. Alpukat dengan kandungan lemak sehat sebaiknya Anda masukkan dalam menu harian.

"Beruntung buat kulit kita, alpukat mengandung lemak jenuh tunggal dan beberapa lemak tak jenuh ganda, lemak sehat," kata ahli gizi Jackie Newgent.

Riset menemukan lutein dan zeaxanthin pada alpukat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet. Konsumsi alpukat pun akan membantu tubuh menyerap vitamin-vitamin larut lemak.

2. Tomat
Rasa asam manis plus kandungan air yang kaya membuat tomat cukup fleksibel untuk berbagai hidangan. Pun menyantap tomat akan membantu kulit makin bersinar. Sebagaimana dilansir Eat This, Not That!, tomat mengandung likopen yakni jenis antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas.

Sebuah studi menemukan konsumsi pasta tomat bisa membantu melawan kulit terbakar dan penuaan berkaitan dengan efek paparan sinar matahari. Untuk memperoleh manfaat likopen secara optimal, sebaiknya panggang atau panaskan tomat terlebih dahulu. Tubuh bisa menggunakan likopen lebih efektif saat dipanaskan.

3. Tahu dan tempe
Lauk pauk tidak harus mahal. Anda bisa mengganti daging dengan tahu dan tempe. Tak hanya murah, keduanya pun bisa membantu mempertahankan kondisi kulit tetap muda dan bercahaya. Bahan baku keduanya adalah kedelai yang ternyata mampu mencegah kerutan.

Kedelai mengandung isoflavon khususnya aglikon. Studi yang diterbitkan di Journal of Nutritional Science and Vitaminology menemukan bahwa konsumsi 40 miligram aglikon kedelai selama 12 minggu mampu memperbaiki kulit.

4. Kaldu tulang
Hujan belakangan membuat makin ingin menyantap makanan serba kuah. Singkirkan dulu mi instan kuah pedas biasanya dan beralih ke bone broth alias kaldu tulang. Kaldu tulang terbuat dari rebusan tulang-tulang ayam, ikan maupun sapi.

Semakin lama Anda masak, semakin banyak kolagen dan gelatin terlepas dari tulang kemudian kaldu makin kental.

Kaldu tulang kaya akan kolagen, asam amino dan mineral yang meningkatkan kesehatan kulit. Padukan dengan sayur-sayuran untuk melengkapi gizinya.

5. Dark chocolate
Kabar baik buat penyuka cokelat sebab camilan satu ini bisa mendukung kulit lebih awet muda. Cokelat khususnya jenis cokelat hitam atau dark chocolate banyak mengandung antioksidan yang mampu mengurangi inflamasi akibat paparan sinar ultraviolet.

Di samping itu, mengutip dari Eating Well, kandungan magnesiumnya mampu menurunkan stres dan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Namun pastikan lagi Anda mengonsumsi camilan cokelat yang rendah kadar gula.

6. Greek yogurt
Protein jadi nutrisi penting untuk menjaga kulit tetap kencang, tidak mudah berkerut dan menghindari kerutan dalam di area mata. Kaleroy Papantoniou, ahli dermatologi kosmetik menyarankan untuk mengonsumsi yogurt yang kaya protein serta nutrisi penting lain.

"Itu kaya akan vitamin B yang membantu detoksifikasi kulit," imbuh dia.

Pilih produk yogurt yang ingin Anda konsumsi. Disarankan untuk mengonsumsi yogurt tawar yang rendah gula. Selain yogurt, dapatkan protein dari sumber pangan lain seperti kedelai, telur, daging ayam juga kacang-kacangan.

7. Rempah-rempah
Masakan Indonesia tidak bisa lepas dari rempah. Bahkan beberapa jenis masakan menggunakan begitu banyak rempah sehingga rasanya kaya. Rupanya rempah membantu Anda memperoleh kulit yang segar dan awet muda seperti kunyit, kayu manis, jahe juga bubuk cabe.

Kunyit sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melawan peradangan. Kayu manis memberikan aroma nikmat pada hidangan sekaligus meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dan nutrisi bisa terdistribusi dengan baik.

Jahe juga dikenal sebagai anti peradangan dan membantu meningkatkan peredaran darah. Kemudian bubuk cabe kaya akan vitamin C untuk membantu produksi kolagen.

Sumber: cnnindonesia.com

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita