Kebiasaan di Pagi Hari yang Bantu Turunkan Berat Badan

  • Nusaresearch
  • 22-10-2020
  • 489
  • Nilai: 0

KOMPAS.com - Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan berfokus pada jenis makanan yang hendak dikonsumsi dan olahraga yang akan dilakukan.

Namun ternyata, mengubah kebiasaan di pagi hari bisa membantu penurunan berat badan. Bahkan, perubahan kecil bisa memberikan manfaat kesehatan lain.

Berikut kebiasaan pagi hari untuk membantu menurunkan berat badan.
1. Buka tirai kamar
Apabila kamar langsung mengarah ke luar rumah, buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk. Sinar matahari memberikan dosis vitamin D yang dapat meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, orang yang lebih aktif di pagi hari dan terpapar sinar matahari memiliki indeks massa tubuh lebih rendah.

2. Mandi air dingin
Mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan energi dan mengaktifkan brown fat. Hal ini berdampak pada penurunan berat badan, karena tubuh membakar kalori lebih banyak.
Menurut suatu studi Harvard, orang yang mandi dengan air bersuhu 16 derajat celsius selama 10 hari berturut-turut secara signifikan meningkatkan aktivitas brown fat.

3. Sarapan protein
Walaupun ingin menurunkan berat badan, sarapan tidak boleh terlewatkan. Pilihlah makanan yang mengandung protein. Protein membantu menahan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam Obesity, mengonsumsi protein saat sarapan berkaitan dengan penurunan lemak tubuh, dan jumlah kalori harian.

4. Minum air
Minum segelas air adalah cara bagus untuk memulai hari dan membantu menurunkan berat badan. Suatu studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan, terjadi penurunan berat badan pada perempuan obesitas yang meningkatkan asupan air lebih dari satu liter per hari.

5. Hindari membaca berita yang membuat stres
Membaca berita di pagi hari dapat berdampak negatif pada berat badan apabila membuat stres. Dalam jangka panjang, stres menyebabkan sel punca berubah menjadi sel lemak.

6. Meditasi
Luangkan waktu selama beberapa menit untuk meditasi di pagi hari. Duduk dan fokus pada napas dapat membantu mengatur berat badan dengan lebih baik. Menurut penelitian dari Brown University, orang-orang tingkat kesadarannya rendah 34 persen lebih mungkin menjadi gemuk dan memiliki lemak lebih banyak di perut.
Sebaliknya, mereka yang bermeditasi memiliki kesadaran tinggi dan dapat memusatkan pikiran dengan baik. Hal itu dapat menstabilkan emosi dan mengurangi kemungkinan stres yang menyebabkan makan emosional.

7. Siapkan makan siang
Suatu studi 2017 menemukan menyiapkan makan siang membuat seseorang mengonsumsi makanan bergizi dan mengurangi risiko obesitas. Studi lainnya menemukan, mereka yang menyiapkan makan siang atau membawa bekal memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil untuk kenaikan berat badan.

sumber: kompas.com

 

If you feel interesting, Please share it

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Google+

Permitaaan laporan untuk kita